Ketahui Hal-Hal yang Mempengaruhi Gaji Pilot

Dari sekian banyak profesi, pilot menjadi salah satu profesi yang dicita-citakan kebanyakan orang. Meskipun sejumlah orang tidak berhasil meraih cita-cita menjadi pilot karena keterbatasan dana, kekurangan fisik, kesehatan yang kurang optimal, dan faktor-faktor lainnya. Selain memiliki kebanggaan tersendiri ketika berseragam pilot, gaji tinggi yang diperoleh menjadi alasan mengapa profesi pilot begitu diminati. Tersiar kabar bahwa gaji pilot mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Sebetulnya besar kecilnya gaji pilot dipengaruhi oleh beberapa hal. Tahukah Anda hal-hal yang mempengaruhi gaji pilot? Jika belum, simak di bawah ini:

Maskapai tempat bekerja

Di mana pilot bekerja? Inilah yang menjadi penentu besar kecilnya gaji pilot. Ketika pilot bekerja di maskapai penerbangan yang bonafit, gaji bulanan yang diperoleh tentunya tinggi. Hal ini sesuai mengingat airline bonafit pastinya menawarkan tarif yang cukup mahal untuk satu kali penerbangan. Ingin gaji tinggi? Silakan apply kerja di airline bonafit pasca lulus sekolah pilot. Sayangnya, tidak mudah menjadi penerbang di maskapai penerbangan terkemuka. Seleksi yang dilakukan oleh pihak airline bakal sangat ketat. Sekedar saran, sebagai fresh graduate sebaiknya jangan terlalu fokus untuk bekerja di maskapai bonafit. Hal yang paling penting adalah bisa lolos seleksi entah di maskapai bonafit atau bukan. Setelah masa kerja habis, Anda bisa manfaatkan pengalaman yang dimiliki untuk menjadi pilot di airline ternama.

Jam terbang yang dimiliki

Jam terbang adalah waktu yang dihitung mulai dari menghidupkan mesin. Bagi fresh graduate, jam terbang menjadi modal agar cepat diterima maskapai penerbangan selain kemampuan bahasa Inggris, lisensi, kesehatan, dsb. Bagi pilot yang sudah lama bekerja di airline, jam terbang menjadi modal untuk naik jabatan. Di samping itu, jam terbang juga menjadi pendongkrak gaji. Makanya, seorang pilot penting untuk terus menambah jam terbang. Misalnya dengan menjadi instruktur penerbangan di sekolah pilot, menerbangkan pesawat tanpa digaji, atau dengan mengikuti program pendidikan lagi di sekolah pilot.

Masa kerja sekaligus jabatan yang diemban

Sama seperti profesi lainnya, gaji untuk profesi dalam dunia penerbangan pun ditentukan oleh masa kerja. Pengalaman yang banyak akan sangat dihargai oleh pihak maskapai dengan memberikan gaji yang lebih tinggi dibanding pilot yang baru meniti karir. Di samping itu, jabatan yang diemban juga menjadi penentu besar kecilnya gaji. Pilot yang baru meniti karir di maskapai penerbangan memiliki jabatan sebagai second officer yang memperoleh gaji sekitar 20 jutaan per bulan. Ketika telah menjadi first officer, gaji yang diperoleh sekitar 40 jutaan per bulan. Apabila sudah lebih kurang 4 tahun, karir akan makin menanjak menjadi junior captain yang bakal mengantongi gaji bulanan sekitar 45 juta per bulan. Setelah memiliki 1500 jam terbang atau telah mengantongi lisensi ATPL, akan naik jabatan sebagai senior captain dengan penghasilan bulanan mencapai 70 jutaan. Perlu diketahui bahwa kisaran gaji ini diambil dari salah satu maskapai bonafit di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya gaji seorang penerbang. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang profesi prestise sekaligus elit ini. Makin tertarik menjadi pilot airline? Buruan bergabung di sekolah pilot terpercaya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *