Persiapan Tes Masuk Sekolah Pilot

Banyaknya peminat untuk menjadi siswa pilot membuat angkat persaingan semakin ketat. Meskipun sudah memenuhi standar poin, tetap saja nilai yang paling besar yang akan terpilih sebagai cadet. Tentu saja akan meninggalkan kenangan yang mengecewakan jika gagal dalam seleksi. Sebelum kecewa dan depresi, pantaskan dulu diri untuk menjadi calon cadet yang berkualitas. Kalau hanya punya keinginan tanpa didasari dengan kesungguhan maka tidak patut untuk kecewa. Artinya harus terima dan abaikan saja ketika tidak lulus tes. Namun, bila memang ingin mengejar cita-cita menjadi pilot sudah semestinya dipersiapkan dari jauh hari agar punya bekal yang cukup ketika harus berperang. Baiklah, apa saja persiapan tes yang dimaksud? Mari temukan jawabannya di bawah ini:

Pelajari contoh soal akademik calon cadet

Pengetahuan akademik adalah salah satu nilai yang sangat menentukan kelulusan cadet, apakah berhak mengikuti pendidikan atau harus menunggu tahun depan. Tes akademik pada umumnya meliputi bahasa Inggris, matematika, dan berbagai pengetahuan umum lain. Untuk tes bahasa Inggris (TOEFL atau TOEIC) bisa jadi tak hanya dalam bentuk soal, tetapi juga meliputi reading, listening, dan grammar. Peserta yang paling tinggi poinnya akan masuk ke serangkaian tes tahap selanjutnya. Untuk memperoleh gambaran tentang apa saja soal yang diberikan atau bakal dihadapi oleh peserta, segera pelajari contoh soal akademik calon cadet pilot di tahun-tahun sebelumnya terutama yang baru terupdate karena kemungkinan pembahasannya masih relatif sama.

Ketahui apa saja yang diuji dalam medex

Medex (Medical Examination) adalah tes kesehatan yang dikhusus untuk siswa penerbang. Tes ini meliputi beberapa organ tubuh baik bagian luar maupun dalam, seperti penglihatan, pendengaran,  gigi, darah, urin, paru-paru, jantung, sampai kejiwaan. Tidak sedikit casis (calon siswa) yang gugur ketika melewati tes ini, baik yang tadinya mengidap penyakit darah tinggi, ginjal, bahkan juga yang pernah mengkonsumsi zat adiktif. Jika memang mengidap suatu penyakit dan dapat diobati, maka peserta memiliki peluang untuk melakukan pengobatan dan memperoleh peluang untuk lulus dari medex. Contoh masalah mata (rabun dan berkacamata), peserta dapat melakukan operasi lasik. Masalah penglihatan dari rabun bisa diatasi namun tidak untuk buta warna.

Begitu juga untuk kesehatan gigi, perubahan tekanan udara saat take off hingga landing menimbulkan gesekan paga gigi, sehingga gigi yang tadinya berlubang dan sakit bakal menimbulkan ketidaknyamanan. Itulah sebabnya pilot harus punya kesehatan gigi yang baik karena bukan tidak mungkin bila sudah bekerja di maskapai memiliki penerbangan terjadwal. Masalah gigi sebaiknya konsultasikan dengan dokter, biasanya dokter akan melakukan penambalan sebagai solusinya. Medex memang menjadi tumpuan untuk mendapat calon pilot yang profesional. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja yang bakal diuji dalam medex untuk bisa lanjut ke tahap medex berikutnya.

Latihan kesiapan fisik, pengetahuan, dan mental

Seleksi sekolah pilot memang tidak sama persis seperti halnya di bidang kemiliteran yang harus memiliki fisik kuat. Namun, persiapan fisik juga menjadi poin penting dalam hal ini untuk membuat tubuh menjadi prima dan siap menghadapi tes tahap demi tahap. Perlu diketahui bahwa, latihan seperti olahraga secara teratur tak hanya menimbulkan semangat tetapi juga pada dasarnya sebagai upaya untuk membersihkan kotoran-kotoran dari dalam tubuh sehingga hal ini pun bermanfaat untuk tes medex. Terlebih kalau badan kurang tinggi (belum memenuhi syarat), persiapan fisik sangat membantu untuk menambah tinggi badan. Selain itu, mental juga harus disiapkan dalam mengikuti aptitude test atau tes bakat terbang. Fatalnya, tes tersebut juga ikut menentukan kululusan cadet, jika takut akan ketinggian, tidak disiplin waktu, tak mengikuti arahan instruktur dengan baik bisa jadi nilai yang diperoleh kecil dan hal ini merupakan salah satu hambatan untuk lulus tes. Untuk itu, pastikan memiliki persiapan kedua hal penting ini.

Yang namanya persiapan terencana harus dimaksimalkan dari jauh-jauh hari agar bisa menyiasati berbagai persoalan yang mungkin bisa menjadi penghambat untuk lulus. Bercita-cita menjadi pilot? Siapkan 3 hal di atas suntuk memperoleh peluang lulus tes dan diterima sebagai cadet di sekolah pilot.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *